RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Minggu, 22 Agustus 2010

METODE MEMBACA BUKU



Dalam membaca buku ada beberapa metode yang digunakan, yaitu:
1.SQ3R
   Metode SQ3R menggambarkan langkah-langkah membaca buku seperti berikut ini:
Survey
Survey (survei) yaitu pengamatan awal secara sekilas mengenai identitas buku dan gambaran umum isinya.
Question
Question (bertanya) yaitu bertanya dalam hati mengenai isi buku itu dan bertanya kepada diri sendiri tentang informasi yang dibutuhkan dari buku itu.
Read
Read (membaca) yaitu membaca secara teliti buku itu setelah menyusun pertanyaan kunci
Recite
Recite atau recall (mengingat kembali) yaitusetelah membaca secara teliti suatu bab, seseorang harus berhenti sejenak untuk mengendapkan apa yang dibacanya atau mengingat kembali.
Review
Review (melihat ulang) yaitu menelusuri kembali hal-hal penting yang sudah dibaca sebelum mengakhiri kegiatan membaca.

2.POINT
Metode point menggambarkan langkah-langkah membaca buku seperti berikut:
Purpose
Purpose (tujuan) yaitu pada langkah awal, pembaca harus menentukan tujuan membaca.
Overview
Overview (melihat sekilas) yaitu melakukan peninjauan awal secara sekilas mengenai keseluruhan buku untk melihat garis besar isinya, dan memutuskan apakah perlu membacanya atau tidak.
Interpret
Interpret (menafsirkan) yaitu emlakukan tinjauan sekilas dan memutuskan untuk membacanya, maka bacalah buku itu dan interpretasikan maknanya.
Note
Note (mencatat) yaitu membaca secara teliti dan mengerti maknanya, membuat catatan-catatan penting untuk diingat selamanya.
Test
Test (menguji) yaitu pada tahap akhir kalian harus menguji diri sendiri mengenai apa-apa yang sudah dibaca. Cukup mengertikah dengan apa yang digambarkan dalam buku itu?

3.PQRST
   Metode PQRST menggambarkan langkah-langkah membaca buku seperti berikut ini:
Preview
Preview yaitu melakukan pengamatan awal secara sekilas mengenai identitas buku dan gambaran umum isinya. Preview merupakan langkah pertama sebelum membaca buku secara teliti. Gunanya untuk memastikan apakah kalian perlu membaca buku itu atau tidak, perlu membeli buku itu atau tidak, atau informasi yang kalian perlukan ada atau tidak dalam buku itu. Langkah preview sama dengan survey.
Question
Question (bertanya) yaitu menyusun pertanyaan dalam hati mengenai isi buku itu dan bertanya kepada diri sendiritentang informasiyang dibutuhkan dari buku itu. Pertanyaan itu gunanya untuk membimbing pembaca pada apa yang diperlukannya.
Read
Read (membaca) yaitu menyusun pertanyaan kunci, barulah seseorang membaca secara teliti buku itu.
Summarize (meringkas) yaitu membaca secara teliti satu bab, seseorang harus berhenti sejenak untuk membuat ringkasan atau catatan-catatan penting mengenai apa yang baru dibacanya.
Test
Test (menguji) yaitu pada tahap akhir kalian harus menguji diri sendiri mengenai hal-hal yang sudah dibaca. Apa saja yang dibahas dalam bagian tadi? Informasi penting apa yang harus diingat?

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 sinau online Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes