Hubungan Antar Spesies




  1. Netralisasi
Antara dua makhluk hidup dikatakan ada netralisme, apabila keduanya baik secara terpisah maupun secara berkumpul tidak terjadi saling merugikan, misalnya ayam dengan kambing di suatu halaman berumput.

  1. Mutualisme
     Hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak, misalnya pada proses penyerbukan bungan oleh serangga (kupu-kupu). Kupu-kupu mendapatkan sari-sari makanan, bunga dapat tersebarkan serbuk sarinya.

  1. Parasitisme
Hubungan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan sepihak saja.

  1. Predatorisme
Fenomena ini terdapat dalam hubungan antara cacing tanah dengan ayam. Yaitu anata pemangsa dengan mangsa. Pemangsa tidak dapat kalau tidak ada yang dimangsa.


  1. Kooperasi
Interaksi ini saling menguntungkan, misalnya antara jamur tertentu dengan ganggang tertentu terjadi jalinan hidup bersama yang saling menguntungkan.

  1. Kompetisi
     Interaksi ini saling merugikan antara kedua belah pihak. Misalnya perebutan makanan (rumput) di suatu padang rumput antara beberapa ekor kambing dan beberapa akor domba. Kalau persediaan rumput mulai menipis terjadilah kompetisi, mula-mula kompetisi antarspesies, kemudian kompetisi intraspesies yaitu antara domba yang satu dengan domba yang lain.

  1. Komensialisme
     Dalam hal ini organisme yang satu mendapat keuntungan dan organisme yang lain sedikit pun tidak dipengaruhi oleh hubungan ini (tidak dirugikan). Misalnya manusia dengan cacing perut yang hidup di dalam usus tebal manusia.
    
  1. Antagonisme
     Yaitu hubungan yang bersifat permusuhan.

Belum ada Komentar untuk "Hubungan Antar Spesies"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel