Pola Pengembangan Paragraf




Susunan Logis:
  1. Umum-Khusus
  2. Definisi
  3. Proses
  4. Contoh
  5. Sebab-akibat
-         sebab-akibat
-         akibat-sebab
  1. Klasifikasi
  2. Perbandingan dan pertentangan

Contoh Pola Pengembangan Paragraf Definisi
          Istilah asing demokrasi biasanya diterjemahkan dengan kedaulatan rakyat, yang diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi dalam arti ini hanya menggambarkan 1 segi dari demokrasi, sedangkan demokrasi dalam arti yang sebenarnya mempunyai makna yang lebih luas. Demokrasi pada hakikatnya merupakan suatu mentalitas untuk membina suatu kehidupan dalam masyarakat; mentalitas dalam arti cara berpikir, bersikap, dan berbuat.


Contoh Pola Paragraf Paragraf Proses
          Pohon anggur di samping buahnya digunakan untuk minuman, daunnya pun dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah. Caranya, ambillah daun anggur secukupnya lalu tumbuk sampai halus. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, ramuan tersebut kita dinginkan dan setelah dingin baru kita gunakan untuk membersihkan wajah.

Contoh Pola Pengembangan Paragraf Contoh
          Dalam rangka mengejar ketertinggalan di pedesaan, baik dalam bidang pembangunan maupun bidang pengetahuan, berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah. Salah satu caranya adalah menjalankan program TNI masuk desa. Hasilnya pun lumayan, seperti perbaikan jalan, pembuatan jembatan, dan pembangunan kampung-kampung yang tertinggal. Contoh lainnya adalah KKN yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil yang positif telah dinikmati oleh desa yang bersangkutan, misalnya pengetahuan masyarakat, pemberantasan buta aksara, perbaikan dalam bidang kesehatan dan gizi.

Contoh Pola Pengembangan Paragraf lasifikasi
          Ikan air tawar terbagi dalam 3 golongan yakni ikan peliharaan, liar, dan buas. Ikan peliharaan terdiri atas ikan-ikan yang mudah dipelihara dan diperbanyak. Contohnya ikan banding, ikan mas, ikan nila, ikan tawes, ikan mujair, dan ikan gurameh. Ikan buas mempunyai sifat jahat terhadap ikan-ikan lainnya. Contohnya ikan gabus dan ikan lele. Ikan liar, meskipun ikan ini juga dipelihara dan dikembangbiakkan tapi menguntungkan secara ekonomi. Contohnya ikan jeler dan ikan paray.

Contoh Pola Pengembangan Paragraf Perbandingan dan Pertentangan
          Kita harus membedakkan mana penguasa dan mana pendidik. Penguasa adalah ekuivalen dengan otoritas, yang mempunyai kewenangan untuk menggunakan kekuasaan guna menegakkan hukum. Ia dapat menangkap orang secara sah. Dapat memproses perkataannya sampai ke pengadilan. Seorang pendidik tidak demikian pendidik ekuivalen dan edukator. Ia tidak memiliki kekuatan seperti penegak hukum. Dukungan pendidik bagi tindakannya adalah wibawanya.


Belum ada Komentar untuk "Pola Pengembangan Paragraf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel